Minggu, Juni 12, 2011

KEBIASAAN ORANG YANG MEMILIKI INGATAN YANG KUAT

Orang-orang berdaya ingat kuat memiliki beberapa kebiasaan yang tidak akan mereka lewatkan tiap harinya.Melatih kebiasaan itu mungkin bisa membuat Anda menjadi salah satu dari mereka yang berdaya ingat kuat.
Melindungi dan meningkatkan kemampuan otak sangatlah mudah.Cukup melatih beberapa kebiasaan kecil dan ubah pola hidup yang tidak baik.Otak akan tetap hidup bahkan meningkat kemampuannya jika terus dilatih dan digunakan.
Sebuah survei online dilakukan oleh para peneliti Australia terhadap 29.500orang responden yang telah diseleksi dan termasuk kategori orang-orang yang memiliki daya ingat kuat.
Para responden sebelumya menjalani beberapa tes ingatan seperti mengingat kejadian-kejadian 1, 5 atau 20 tahun yang lalu,menghafal daftar belanja,mengingat wajah orang,nama-namanya serta pekerjaannya masing-masing.
Peneliti juga menganalisis pola hidup dan pola makannya sehari-hari.Akhirnya setelah melakukan beberapa analisis,para peneliti mengetahui dan menyimpulkan 7 kebiasaan orang2 yg berdaya ingat kuat.
Go to fullsize image
Dikutip dari Prevention,ini dia 7 kebiasaan sederhana mereka yang berdaya ingat kuat yang bisa Anda terapkan sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan otak.
1.Tidak mengonsumsi alkohol
Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman-minuman beralkohol,karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.

2.Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya.
Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan-tontonan yang tidak terlalu penting,kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi.Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton.

3.Sering membaca novel.
Dengan membaca novel,otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi.Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.

4.Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data.
Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain.Dengan menghubung2kan seperti itu,sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

5.Tidak pernah lupa mengonsumsi ikan.
Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati.Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi.Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

6.Meminum teh atau kopi.
Teh dan kopi mengandung kafein yang bisa memacu kerja jantung dan otak untuk terus terjaga dan bekerja lebih baik lagi.Namun konsumsi yang berlebihan,terutama kopi bisa berakibat fatal.Minumlah dalam dosis yang sewajarnya.

7.Selalu membuat catatan dalam bentuk jurnal atau notes kecil.

Data yang masuk ke otak kita tanpa tercatat mungkin saja menempel dan mungkin juga tidak.Namun jika data tersebut dicatat,maka kita dapat melihatnya kembali ketika lupa.Mencatat juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal hingga 20 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar