Selasa, Oktober 16, 2012

CARA MEMBACA KARAKTER SESEORANG MELALUI TULISAN TANGAN(SERBA-SERBI GRAFOLOGI)

"Grafologi Adalah Ilmu Yang Mempelajari Kepribadian Seseorang Lewat Analisa Tulisan Tangan, Keakuratan Grafologi Sendiri Antara 80%-90% *"
Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana membaca karakter seseorang melalui tanda tangan seseorang,dan kali ini saya akan membahas bagaimana membaca karakter seseorang melalui Tulisan Tangan dan Gaya Tulisannya...

*PERLU DIINGAT KEMBALI BAHWA RAMALAN TIDAK 100% BENAR!!!
SEMUA BERGANTUNG PADA YANG MAHA KUASA...

Manusia sulit dan bahkan mungkin tidak bisa berpura-pura soal jeroannya(kesejatian dirinya). Ada beragam jejak yang bisa dibaca orang tentang kepribadiannya. Bahkan orientasi seksual pun terpampang jelas melalui beberapa anggota badan. Salah satu tanda untuk menguak hal itu adalah tulisan tangan.

Goresan tanganmu
Ya, tulisan tangan yang sudah jarang kita lakukan seiring maraknya layanan pesan singkat dan surat elektronik itu bisa menjadi pintu gerbang buat mengorek kepribadian dan karakter kita. Tak bisa disangkal lagi bahwa tulisan tangan seseorang itu khas. Karakteristik bentuknya tidak bisa benar-benar ditiru oleh orang lain, tulis Camillo Baldi dalam bukunya A Method to Recognize the Nature and Quality of a Writer. Buku ini diterbitkan tahun 1622 dan diyakini menjadi buku pertama yang menganalisis tulisan tangan. Camillo sendiri adalah dokter dan filsuf dari Italia serta guru besar di Universitas Bologna.

Tulisan tangan memang bukan hasil karya tangan semata. Ada yang menyatakan bahwa tulisan tangan seharusnya disebut dengan tulisan otak sebab perintah gerak yang membuat tulisan berasal dari otak, bukan dari tangan. Makanya tidak aneh jika ada orang yang bisa menulis menggunakan kaki, kata Achsinfina H.S.,CHA, grafolog yang berpraktik di kawasan Bintaro.

Menurut Sinta, begitu Achsinfina H.S.,CHA dipanggil, karakter seseorang merupakan rangsangan dari lingkungan sejak kecil hingga besar. Bentuk atau ukuran huruf seseorang bisa saja berubah, tapi gerakan spontan saat anak-anak membuat tulisan cakar ayamnya akan tetap terlihat.

90% lebih akurat

Untuk bisa dianalisis tentu saja kita harus menyerahkan hasil tulisan tangan kita. Sinta mensyaratkan minimal kita membuat 15 baris tulisan. Tiga baris sih sebenarnya oke-oke saja, kata wanita yang memperoleh Certificate Handwriting Analysis dari negeri Paman Sam ini. Tulisan tadi harus digoreskan di atas kertas HVS berbobot sekitar 80 g tanpa garis. Mengapa polos? Baseline atau kerataan tulisan ternyata termasuk faktor yang dinilai.

Tidak ada ketentuan harus menulis apa. Bukan cerita yang dinilai. Juga tidak perlu mengerahkan ingatan bagaimana membuat tulisan halus. Grafologi tidak melihat apakah tulisan Anda cantik atau berantakan. Cuma, untuk alat tulisnya harus menggunakan bolpoin standar. Lebih bagus warna hitam. Alat tulis seperti boxy atau pulpen, menurut Sinta, dapat membuat analisis bias sebab kuat lemah tekanan tulisan tidak terbaca.

Cukup itu saja dan tunggu ocehan Sinta soal watak Anda. Jangan marah atau tersinggung ketika Anda baru menyadari ada sifat negatif yang ngendon di tubuh Anda. Mungkin Anda bingung. Kok hampir semuanya cocok ya? Intisari sendiri hanya mengiya-iyakan saja sambil tersipu-sipu ketika coretan-coretan hasil wawancara dibaca Sinta.

Ada beberapa karakter dan goresan yang bisa digunakan untuk mengintip karakter seseorang. Misalnya huruf o, i, atau t, kata Sinta. Perhatikan huruf o yang Anda buat. Jika tidak menutup sempurna pertanda Anda cenderung berbohong. Huruf o juga menguak seseorang apakah ia teliti atau tidak. Dari penulisan huruf i bisa ketahuan apakah seseorang peduli pada detail atau tidak. Sementara huruf t akan memberikan pembacaan soal kepercayaan diri. Tentu saja analisis tidak hanya melihat satu huruf saja. Aspek lain pun akan mempengaruhi penilaian karakter seseorang.

Besar kecil huruf (yang diukur menggunakan penggaris), fluktuasi tulisan (makanya, Sinta menyuruh kita menulis di kertas tanpa garis), kecondongan tulisan (apakah miring ke kanan, tegak, atau miring ke kiri), serta lebar tulisan merupakan beberapa aspek yang turut berperan dalam penilaian. Dari kecondongan tulisan, bisa diteropong kehidupan sosialnya. Jika tulisannya miring ke kanan maka penulisnya memiliki kehidupan sosial yang bagus. Miring ke kiri, cenderung melihat diri sendiri sebagai center, kata Sinta yang mendalami grafologi karena keisengannya ini.

Sebenarnya, semua orang bisa mempelajari grafologi ini. Tidak ada kualifikasi khusus untuk menjadi grafolog. Hanya kemampuan untuk disiplin saja modalnya. Soal keakuratan penilaian, Sinta menyatakan bahwa di atas 90% analisisnya sesuai dengan karakter ternilai.

Tak jadi cerai
Hasil analisis tulisan tangan bisa digunakan di segala aktivitas manusia dan bermacam interaksi. Mulai dari mencari karyawan yang tepat sampai menemukan pelaku kejahatan. Bahkan bisa digunakan sebagai terapi yang dikenal dengan graphotherapy. Pada anak, terapi grafologi ini bisa digunakan untuk meminimalkan sifat negatif, dan memaksimalkan sisi positifnya.

Berkaitan dengan kriminalitas, Sinta pernah menangani kasus pencurian ponsel di sebuah sekolah. Ya bermodalkan dari tulisan tangan orang-orang yang dicurigai. Polri juga memiliki grafolog kok! kata Sinta yang baru tahu hal itu ketika ia didatangi polisi yang juga grafolog. Dalam dunia kriminalitas, tulisan tangan bisa menjadi kunci menguak kejahatan selain DNA dan sidik jari.

Dulu sewaktu masih bekerja dan ia melihat surat lamaran di meja temannya, Sinta pasti berkomentar soal kepribadian pelamar. Temannya tak percaya. Akhirnya pelamar tersebut dipanggil dan apa yang disampaikan Sinta sesuai dengan gambaran pelamar. Saya sampai dibilang dukun, kata Sinta yang pernah bekerja di sebuah maskapai penerbangan dan perusahaan perminyakan ini.

Betapa cairnya fungsi grafologi ini bisa dilihat dari klien-klien yang sudah ditangani Sinta. Mulai dari anak-anak sampai lanjut usia. Ada bapak-bapak berusia 75 tahun yang datang ke saya. Ia anggota FAO PBB. Bertanya apa saja yang bisa diperbaiki dari dirinya. Sinta pun pernah diminta untuk membantu kliennya mencari pengasuh anak yang cocok. Bahkan lulusan Komunikasi Massa UI ini pernah diminta membantu dalam kasus gugat cerai.

Lewat tulisan tangan pula Sinta pernah mendamaikan sepasang suami istri yang hampir bercerai. Padahal pasangan itu termasuk keluarga berpendidikan. Dua-duanya bergelar doktor. Namun karena karakter keduanya bertentangan, maka bahtera keluarga pasangan itu terombang-ambing. Akhirnya, melalui analisis tulisan tangan pasangan itu bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Kepada harian Republika, Sinta mengakui bahwa banyak klien yang datang kepadanya untuk tujuan menganalisis diri sendiri. Untuk menggali potensi diri dan kemampuan, kata Sinta. Dengan mengetahui potensi dan kemampuan, orang tersebut dapat mengetahui karakter diri yang sesungguhnya. Menurut Sinta, di beberapa perusahaan asing di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, grafologi sudah dilibatkan dalam menyeleksi dan promosi karyawan. Di Indonesia sudah ada, tapi tidak banyak.

Sinta juga kedatangan banyak anak yang autis. Kemampuan verbal anak autis memang kurang. Nah, melalui grafologi ini karakter si anak bisa diungkap sejelas-jelasnya. Orang tua bisa mengetahui karakter-karakter yang tidak diketahui, kata Sinta. Dengan begitu, orangtua jadi tahu bagaimana cara memperlakukan si anak.

Permasalahan anak-anak memang paling banyak dikonsultasikan ke Sinta. Bahkan ada yang berasal dari luar kota. Ada juga orangtua yang sudah tahu karakter anaknya, namun minta bantuan Sinta untuk memastikannya. Ketika Intisari mau pamit, Sinta bahkan bercerita bahwa ada kliennya yang sudah mau masuk SMA tapi memakai kaus kaki saja masih dibantu. Asal tahu saja, untuk menemui Sinta di ruangan berukuran 2,5 x 4 meter per segi itu tamu harus mencopot alas kaki.

Meningkatkan konsentrasi
Jika diperlukan, Sinta tak jarang menyarankan kliennya, terutama anak-anak, untuk melakukan terapi. Banyak anak masa sekarang, terutama yang hidup di kota-kota besar, mengalami masalah seperti tidak mau belajar, cenderung cuek dengan lingkungan, pemarah, pemalu, atau hiperaktif. Dengan menjalani terapi yang terdiri atas empat sesi, anak-anak mulai dibentuk ke arah yang positif.
Pengalaman dua ibu berikut - Indah dan Lina - bisa memberi gambaran betapa terapi grafologi membantu mengatasi masalah anak mereka. Indah, ibu dari Jihad Alvaro Sukmaputra, merasa heran ketika ia sering menerima komplain dari guru anaknya. Saya merasa Avo - panggilan sang anak - itu pintar. Tapi kenapa kok nilai pelajarannya jeblok? kata Indah.

Indah lalu membawa siswa kelas 3 SD An-Nisaa Bintaro ini ke ruang praktik Sinta pada Oktober 2007. Indah mengetahui keberadaan Sinta melalui media massa. Setelah dianalisis, ternyata Avo memiliki motivasi yang rendah. Sebelumnya, Indah sudah melihat bahwa daya konsentrasi Avo kurang. Ia juga cuek. Kalau ada PR sering tidak dikerjakan. Sepertinya ia menganggap bahwa itu bukan tanggung jawabnya, kata Indah.

Meski memiliki motivasi rendah, dari analisis tulisan tangan Avo punya kelebihan di bidang imajinasi. Kreativitasnya tinggi, ujar Indah. Setelah hasil tulisan Avo dianalisis, Sinta menawarkan Avo untuk diterapi. Terapi yang terdiri atas empat sesi itu pun dijalani Avo untuk meningkatkan daya konsentrasinya. Tulisan tangan bisa dibentuk untuk mengubah hal-hal yang kurang pada seseorang. Memang, untuk itu Avo harus menulis tiap hari. Karena saya bekerja, saya hanya mengecek lewat telepon saja.

Hasilnya? Sudah tampak perubahannya. Motivasi sudah meningkat. Nilai pelajaran sudah membaik. Begitu juga konsentrasinya sudah meningkat. Lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.
Pengalaman Lina mirip dengan Indah. M. Rizky Febriansyah, sang anak yang duduk di kelas 6 Sekolah Dasar, juga memiliki konsentrasi yang kurang. Tulisannya enggak bagus. Berantakan, kata Lina. Ia lalu membawa Kiki, begitu Rizky dipanggil, ke Sinta untuk dianalisis. Saya tahu Ibu Sinta dari sebuah tayangan di televisi.

Setelah dianalisis, akhirnya Kiki mengikuti terapi grafologi. Perubahan mulai terjadi pada bulan kedua dan ketiga. Meski terkadang masih harus diingatkan soal tulisannya, tutup Lina. Yah, namanya juga masih anak-anak. Yang jelas sudah ada perubahan.

BERIKUT CARA SINGKAT BELAJAR GRAFOLOGI ATAU MEMBACA KARAKTER SESEORANG MELALUI TULISAN:

Ukuran Tulisan
Ukuran Tulisan Besar:
Orang Ini Cenderung Senang Diperhatikan Banyak Orang, Selalu Ingin Didengarkan Dan Tampil Di Depan, Juga Gemar Berpikir Yang Muluk-Muluk. Berdarah PanasDan Tak Suka Berpangku Tangan.
Ukuran Tulisan Sedang:
Orang Yang Tulisannya Sedang Adalah Orang Yang Simpel,Praktis. Netral Dan Tenang.
Ukuran Tulisan Kecil:
Orang Bertulisan Kecil Cenderung Tidak Suka Diperhatikan Banyak Orang, Cenderung Lebih Pendiam Dan Mandiri, Lebih Memperhatikan Hal-Hal Detail.
Ukuran Tulisan Sangat Besar:
Hati-hati dalam segala hal, gemar menarik perhatian, ingin tampil.

Tekanan
Tekanan Yang Kuat:
Orang Yang Tekanan Tulisannya Kuat Sehingga Menyebabkan Bekas Di Balik Kertasnya Emosionalnya Tinggi, Mendalami Perasaan Baik Bahagia Maupun Sedih. Mempunyai Keinginan Yang Kuat. Ia Juga Bertekad Bulat.
Tekanan Yang Ringan:
Orang Dengan Tekanan Ringan Tandanya Ia Memiliki Karakteristik Yang Santai Dan Tenang, Toleransi Tinggi. Tapi Susah Mengambil Keputusan. Dan Mudah Terpengaruh. Tidak Menyukai Kekerasan, Suara-Suara Bising, Dan Sinar Yang Terlalu Terang.

"Semakin Kuat Tekanannya, Semakin Besar Juga Emosional Orang Tersebut."

Kemiringan
Miring Ke Kanan:
Orang Tulisan Miring Ke Kanan Cenderung Ekspresif, Juga Emosional. Ia Suka Bergaul Dengan Orang-Orang, Ramah Dan Lebih Terbuka. Aktif, Menyukai Tantangan, Dan Selalu Bergerak.(Ekstrovert)
Tegak Lurus:
Orang Dengan Tulisan Tegak Lurus Cenderung Tenang, Dapat Mengendalikan Dan Menahan Diri, Juga Tidak Emosional Dalam Menghadapi Masalah, Juga Dapat Mengandalkan Diri Sendiri. Ia Adalah Orang Yang Netral. Berpikiran Jernih.
Miring Ke Kiri:
Orang Yang Tulisannya Miring Ke Kiri Ini Cenderung Menyimpan Emosinya, Juga LebihSuka Menutup Diri, Lebih Protektif Dan Juga Berpikiran Logis. Anda Tidak Terlalu Suka Keluar Dan Menghadapi Dunia.(Introvert)
Miring Ke Segala Arah:
Orang Yang Tulisannya Miring Kemana-Mana Ini Adalah Orang Yang Tidak Konsisten, Susah Diramalkan. Juga Belum Menentukan Tujuan Hidup.

Sambung
Tulisan Sambung Biasa/Standar:
Orang Yang Tulisannya Sambung Biasa/Standar Cenderung Menyukai Aturan, Juga Logika. Suka Bersosialisai, Pandai Memahami Hubungan Dan Bagaimana Segala Hal Saling Berhubungan. Ia Juga Suka Bertemu Dengan Orang Banyak, Dan Suka Berbicara.
Tulisan Setengah Sambung:
Orang Bertulisan Setengah Sambung Setengah Lepas Ini Cenderung Memiliki Sifat Yang Pemalu, Ia Juga Seorang Idealis Yang Agak Sulit Menjalin Hubungan.
Tulisan Tidak Sambung:
Orang Dengan Tulisan Yang Tidak Sambung Cenderung Cerdas Dan Seksama. Ia Juga Suka Berkonsentrasi, Berpikir Sebelum Bertindak. Ia Orang Yang Detail Serta Memiliki Ide-Ide Yang Original.

Jarak Antar Tulisan
Tulisan Dempet-Dempet:
Orang Yang Tulisannya Dempet-Dempet Ini Gemar Sekali Bergaul Dan Berkumpul Dengan Orang-Orang Banyak.
Tulisan Renggang-Renggang:
Orang Dengan Tulisan Yang Renggang-Renggang Cenderung Membutuhkan Ruangan, Tidak Berpikiran Yang Aneh-Aneh, Terkadang Ia Merasa Tersingkirkan. Tidak Terlalu Mudah Berkumpul Dengan Orang-Orang.

Arah Tulisan
Tulisan Ke Atas:
Orang Yang Tulisannya Miring Ke Atas Cenderung Memiliki Sifat Yang Optimis. Yakin Pada Hal Yang Ingin Ia Capai. Ia Orang Yang Energik Juga Tegas.
Tulisan Tetap Lurus:
Orang Ini Adalah Orang Yang Cenderung Perfeksionis, Dan Juga Agak Sulit Bergaul.
Tulisan Ke Bawah:
Orang Dengan Tulisan Miring Ke Bawah Tandanya Ia Lelah Atau Sedih Karena Suatu Hal. Hatinya Sedang Dilanda Masalah Atau Galau. Ia Adalah Orang Yang Tertekan. Kemungkinan Ia Adalah Orang Yang Menutup Diri.

Bentuk-Bentuk Huruf

Bulat-Bulat Melingkar:
Orang Dengan Tulisan Bulat-Bulat Ini Tandanya Ia Adalah Orang Yang Mudah Bergaul, Easygoing Dan Alami.
Tajam-Tajam:
Orang Yang Tulisannya Tajam-Tajam Sudutnya Itu Cenderung Agresif, Dan Juga To The Point. Energinya Juga Kuat.
Kotak-Kotak:
Orang Yang Bertulisan Kotak-Kotak Ini Cenderung Berpikir Realistis, Ia Juga Praktek Berdasarkan Pengalaman.
Coret-Coret Abstrak:
Orang Yang Memiliki Tulisan Coretan Abstrak Yang Tidak Beraturan ini Cenderung Memiliki Karakter Artistik, Ia Juga Tidak Memikiki Standar.

Sedikit Tentang Huruf-Huruf...
Huruf “O”:
Huruf O Dengan LingkaranYang Kecil Menandakan Ia Memiliki Rahasia Tersendiri.

Huruf O Yang Mengarah Ke Kanan Menandakan Adanya Sebuah Kebohongan.

Huruf “T”:
Huruf T Yang Unik Dan Tidak Biasa Menandakan Ia Adalah Orang Yang Kreatif.
Letak Palang – Pada Huruf‘t‘:
- Kiri:Seorang Yang Berkepribadian Waspada, Tidak Mudah Mempercayai Orang.
- Kanan:Seorang Berkepribadian Handal, Juga Teliti. Memiliki Sikap Pemimpin.
- Tengah:Seorang Yang Berkepribadian Kurang Orisinil, Sangat Bertanggung Jawab.

Huruf “I”:
Huruf ‘i’Dengan Titik Menandakan Anda Orang Yang Kreatif.

Huruf"W" 'w':
Huruf'w'dengan bersiku,menandakan seseorang yang waspada,cerdas,dan suka ber-Analisis.
Huruf'w'dengan bagian tengah bersilangan,menandakan seseorang yang sombong,suka pamer,dan cenderung suka pura-pura rendah hati.
huruf'w'dengan besar atau berbentuk kurva,menandakan seseorang yang agak boros,cenderung royal,dan juga berpikiran teralu terbuka.
Gambar-Gambar:





2 komentar:

  1. oohh, gitu ya sya bru taunih....
    trima ksih bnget gan tik ilmu'a.. ;)
    sukses trus bwt agasn oc.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks..Sukses juga buat anda ^^
      Sebenarnya ini sudah ada sejak lama,sejak zaman Cina KUNO,tapi istilah Grafologi muncul pada jaman Modern Awal...1800an...
      Pada 1500an banyak buku yang beredar tentang Tulisan Tangan dan Jiwa seseorang ini...
      Dan sayangnya untuk di ASIA terutama Indonesia ini kurang TER-EKSPOS dan kurang populer,di Eropa,Amerika,Australia,ini sudah sangat POPULER...

      Saya Sendiri juga seorang Grafolog Muda yang dalam Latihan...

      Hapus